Sabtu, 29 Oktober 2011

Bagaimana cara menghasilkankan Kreativitas?

Semua orang butuh kreativitas. Untuk tetap bisa eksis dan jadi jawara di era milenium ini, dibutuhkan kreativitas. Itulah mengapa saya mentemakan blog ini dengan kreativitas. Kreativitas membuat yang ‘mati’ menjadi ‘hidup’ , yang susah menjadi mudah ,yang biasa menjadi luar biasa, yang tak mungkin menjadi mungkin dan masih banyak lagi yang dapat dilakukan hanya berbekal Kreativitas. 

Radio, TV, Ponsel, Komputer, Laptop, dan teman – temannya, semua itu adalah buah dari sebuah Kreativitas. Tulisan yang anda baca ini juga adalah sayur dari kreativitas. Eits, jangan komentar dulu, Saya sengaja tulis ‘sayur’ bukan ‘buah’ . mengapa?? karena memang begitulah adanya,hehehe.
Jika anda ingin berkreativitas, berpikirlah kreatif. Caranya? Beranilah tampil beda dan unik, rusak/ganti  pola-pola yang ada entah itu cara
pandang atau cara pikir.  Lakukan hal – hal yang biasa dengan cara yang tidak biasa. 


Misalnya, cobalah sekali-sekali mengetik hp dengan cara terbalik atau jika anda biasa mengetik di komputer atau laptop menggunakan jari tangan( memang pake tangan,hehehe) , sekali – sekali cobalah mengetik dengan jari kaki. Percaya deh, jari kaki anda pasti pengkor. Becanda – becanda!
Contoh diatas nyeleneh memang. Bukan nyeleneh lagi tapi gilaa abiss. But, begitulah adanya untuk melatih otak berpikir kreatif, jangan hanya otot yang dilatih,hehehe. Lakukan hal – hal yang nyeleneh/diluar dari biasa sesering mungkin, dengan begitu seiring waktu anda akan menjadi orang yang penuh ide dan kreativitas. Percayalah! 



 Anda pernah tonton Mr.Bean kan?? Pasti pernahlah yaa. Bagi yang belum pernah, waah kebangetan!. Udahlah bagi yang belum tahu atau tonton Mr.Bean, Mbah Google menanti anda. Tingkah – tingkah Mr.Bean memang dalam filmnya terlihat konyol. Namun , banyak yang tidak menyadari bahwa semua itu adalah kreativitas yang luar biasa. Saya sendiri pernah sampai tertawa terpingkal-pingkal ketika dalam salah satu seri filmnya dia mencoba menghancurkan tembok kamar hotel hanya untuk sekedar dapat mandi di kamar sebelahnya, karena di kamar hotel yang dia sewa tak ada kamar mandi, hahaha. Yaa,,Mr.Bean adalah manusia kreatif. Kreatif buanget.


Kreativitas itu bermain pada otak kanan. Anda sudah tahu kan otak kita ini terbagi menjadi dua yaitu otak kanan dan otak kiri. Untuk lebih mengetahui tentang sifat kedua otak ini, saya merekomendasikan buku – buku Mas Ippho Santoso , seorang penulis dan motivator ternama yang telah tersohor didalam dan luar negeri. Dalam buku – bukunya, mas Ippho telah mengungkap habiss sampai ke akar - akarnya tentang kedua otak ini terutama otak kanan.  
Dalam berpikir kreatif atau dalam menghasilkan ide, setidaknya ada 3 langkah yang harus dilalui. Sebenarnya ide itu bisa timbul sekonyong-konyong ketika anda sedang bersantai atau sedang apalah. Emang saya pikirin!. Langkah ini hanya untuk mempermudah saja.
 
Pertama, pikirkan  gagasan banyak-banyaknya. Tulis di atas kertas putih . Jangan diatas air yaa, hehehe. Dalam tahap pertama ini, jangan menyeleksi ataupun mengevaluasi gagasan. Tulis saja gagasan apapun yang bisa terpikirkan, tak peduli itu gagasan gila, nyeleneh ataupun impossible untuk dilakukan.


Kedua, barulah seleksi dan periksa gagasan tersebut  . Seleksi menjadi 10 gagasan. Dalam proses menyeleksi gagasan ini , dibutuhkan pertimbangan yang ektra. 


Ketiga , kesepuluh gagasan tadi seleksi menjadi 1 gagasan saja , mana yang menurut anda merupakan gagasan terbaik. Ini proses penyeleksian terakhir. Dalam menyeleksinya, kumpulkan berbagai referensi bila diperlukan . Referensi ini penting untuk mempermudah proses penyeleksian. (L 1741 IL)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tolong komentarx yaa. ,
kritikan, masukan atau apalah . .,