Senin, 24 Oktober 2011

UNIVERSITY INFORMATION CENTER (UIC) berbasis SMS GATEWAY


Di era informasi ini, sebuah informasi sangatlah penting  terlebih bagi mahasiswa di kampus. kebutuhan informasi mahasiswa di kampus sangat besar. Mahasiswa membutuhkan banyak informasi, entah itu informasi nilai akademik, tanggal wisuda, penerbitan KHS, tenggat waktu pembayaran spp, tanggal pengisian KRS, informasi lomba-lomba yang ada di kampus dan masih banyak lagi lainnya. Untuk mendapatkan informasi itu, seorang mahasiswa harus bertanya sana sini, harus bolak balik dari kos ke kampus, panas panasan di jalan, belum lagi di tambah biaya transportasi dan hal itu sangat melelahkan. Ini mengingatkan kita akan betapa pentingnya sebuah informasi terlebih bagi para mahasiswa. Bahkan ada mahasiswa gagal wisuda hanya gara-gara ketinggalan informasi.
Oleh sebab itu, kami berencana  membangun pusat layanan informasi kampus bagi mahasiswa yang diberi nama University Information Center (UIC) . Layanan informasi ini bisa di akses melalui sms. Kami akan memakai system SMS Gateway sehingga hanya dengan mengirim sms dengan kode-kode yang telah ditentukan, mahasiswa bisa mendapatkan informasi dengan mudah dan murah. Mengapa harus memakai sistem SMS Gateway? Karena SMS Gateway banyak memberikan keuntungan, diantaranya dapat mengirimkan SMS Massal ke banyak nomor dengan mudah dan murah , mengolah kontak dengan mudah, mengolah sms masuk dan sms keluar dengan mudah, menjawab sms dengan otomatis dan masih banyak lagi.
UIC adalah bisnis yang bergerak dibidang informasi yang menyediakan layanan informasi bagi para mahasiswa. Bertujuan untuk mempermudah dan mempermurah mahasiswa dalam mendapatkan informasi-informasi tentang kampus. UIC juga bisa menjadi jalan UKM-UKM dalam mempromosikan kegiatan-kegiatannya. Sehingga kegiatan-kegiatan kampus akan bisa cepat tersebar kepada mahasiswa dan tepat sasaran. Ini tentunya lebih efektif dibandingkan memasang brosur yang tidak semua mahasiswa sempat membacanya.
Selain Layanan informasi, kami juga akan menerima kontrak iklan bagi pelaku bisnis yang ingin mempromosikan produknya kepada mahasiswa.
Berikut ini adalah layanan-layanan dari UIC:
-          Informasi nilai akademik
-          Informasi penerbitan KHS
-          Informasi pengisian KRS
-          Informasi tanggal wisuda
-          Informasi perubahan KRS
-          Informasi jadwal kuliah
-          Informasi beasiswa-beasiswa
-          Informasi lomba-lomba
-          Informasi seminar-seminar
-          Promosi kegiatan-kegiatan mahasiswa
-          Promosi produk komersil
-          Dan lain-lain

Setiap mengakses informasi dari layanan ini, mahasiswa dikenakan tarif Rp.1000/sms. Jika mahasiswa dari kos ke kampus pulang pergi menghabiskan BBM 1(satu) liter hanya untuk mencari sebuah informasi, artinya dia telah mengeluarkan biaya tranportasi sebesar Rp.4.500. Tetapi dengan mengakses layanan ini, mahasiswa hanya mengeluarkan pulsa Rp.1000 atau hanya 22,22% -nya saja. Ini tentu akan sangat membantu karena mahasiswa tidak perlu capek-capek ke kampus. Tinggal klik maka semua informasi bisa didapatkan.
Alasan kami memilih ide bisnis ini adalah karena bisnis ini membutuhkan modal yang kecil namun memberikan keuntungan yang cukup besar dibandingkan bisnis lain. Bisnis ini memiliki prospek (peluang) yang besar karena merupakan bisnis baru sehingga kompetitor bisnis sejenis terlebih di NTB bisa dikatakan belum ada.
Untuk dapat menjalankan bisnis ini, kami akan melayangkan proposal kerjasama dengan pihak kampus. Pihak kampus akan menyediakan informasi yang kami butuhkan. Kami akan membagi  keuntungan yang kami dapatkan dari Layanan ini kepada pihak kampus. Kami akan mengajukan penawaran pembagian keuntungan sebesar 20% untuk pihak kampus sebagai penyedia informasi. Namun kesepakatan pembagian keuntungan akan di tentukan dalam Surat Perjanjian Kerjasama.
Rincian modal yang dibutuhkan agar rencana bisnis ini dapat terealisasi dan target laba yang didapatkan adalah:
No.
Investasi awal
Harga
1
komputer server (PC) intel core 2 duo

Rp. 2.600.000
2
Aplikasi sms gateway           

Rp. 600.000
3
Modem kecepatan tinggi

Rp. 880.000
4
Promosi awal bisnis

Rp. 300.000
5
Meja & kursi komputer

Rp. 350.000

TOTAL
Rp. 4.730.000


TARGET LABA

Laba Kotor Per Hari

500 x Rp. 1000 = Rp.500.000


Laba Kotor Per Bulan

30 x Rp.500.000 = Rp. 15.000.000
Laba Kotor Per Tahun

12 x Rp.15.000.000 = Rp.180.000.000

PENGELUARAN PER BULAN

Di potong 20% oleh Pihak Kampus

20% x Rp.15.000.000 = Rp.3.000.000
 Listrik

Rp.100.000
Telepon

Rp.100.000
Internet
Rp.300.000

TOTAL
Rp.3.500.000


TARGET LABA BERSIH/bulan

Laba Bersih   = Laba Kotor/bulan – Pengeluaran/bulan
                       = Rp.15.000.000 – Rp.3.500.000
                     = Rp.11.500.000

TARGET LABA BERSIH/tahun

Laba Bersih   =12 x laba bersih/bulan
                       = 12 x Rp.11.500.000
                     = Rp.138.000.000

Target Laba diatas diasumsikan yang memakai Layanan per harinya sebanyak 500 (lima ratus) mahasiswa dari rata-rata 7000 (tujuh ribu) mahasiswa yang dimiliki oleh perguruan tinggi pada awal promosi. Bisnis ini membutuhkan promosi lebih karena merupakan bisnis baru. Setelah bisnis ini berjalan lancar dan telah teradaptasi pada mahasiswa. Keuntungan Bersih yang di dapatkan tentunya bisa lebih dari Rp.11.500.000/bulan.
Untuk aplikasi SMS gateway (software)nya. Kami memakai aplikasi standar yaitu hanya bisa mengirim sms 10-15 per detik. Untuk kedepannya jika bisnis ini telah stabil, kami akan memakai software yang lebih canggih yang bisa mengirim sms 3000 per detik dan menambah layanan – layanan dan fitur – fitur yang dibutuhkan.
 Karena bisnis ini bergerak dalam bidang informasi yang sangat di butuhkan oleh mahasiswa. Kami berencana akan merealisasikan bisnis ini pada awal tahun 2012. Jika dana telah siap di cairkan dan nota perjanjian telah diselesaikan, bisnis ini akan dapat terealisasi.



Created by Lalu Dalilul Falihin



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tolong komentarx yaa. ,
kritikan, masukan atau apalah . .,